Minggu, 05 Januari 2014

Iklan yang tidak etis



Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran yang bermaksud untuk mendekatkan produk yang hendak dijual kepada konsumen. Iklan digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen. Konsumen biasanya akan tertarik pada iklan yang atraktif, namun didalam pembuatan iklan promosi hendaknya tetap ditanamkan etika dalam berbisnis.
Bagi saya pribadi banyak sekali Iklan yang tidak etis pada pertelevisian kita, berikut ini beberapa contoh iklan yang tidak etis diantaranya adalah :
Iklan minuman berenergi TORPEDO versi gigi palsu
Pada iklan minuman berenergi TORPEDO memilik kasus yang sama, yaitu menampilkan tubuh wanita bagian dada dengan cara gigi palsu si pria lepas dan terbang ke belahan dada model wanitanya.
Iklan minuman berenergi (Kuku bima vs Exra joss)
Iklan ini merupakan iklan yang tidak beretika dalam dunia bisnis. Karena dalam 2 iklan tersebut saling menjatuhkan dengan sindiran-sindiran. Kuku bima energi memiliki slogan “Kuku Bima Energi Roso” yang artinya memiliki banyak rasa dalam setiap pilihan minuman tersebut yakni original, anggur, jambu, jeruk, kopi, dan teh. Sedangkan dalam iklan Extra Joss hanya menampilkan 1 rasa yakni rasa original, dan Ektra Joss membuat slogan “Laki kok minum yang rasa-rasa”, secara tidak langsung ini merupakan bisnis yang tidak beretika. Membuat sindiran-sindiran yang ingin menarik minat konsumen atau melakukan promosi seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar