Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran
yang bermaksud untuk mendekatkan produk yang hendak dijual kepada konsumen.
Iklan digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen. Konsumen biasanya akan
tertarik pada iklan yang atraktif, namun didalam pembuatan iklan promosi
hendaknya tetap ditanamkan etika dalam berbisnis.
Bagi saya pribadi banyak sekali Iklan yang tidak
etis pada pertelevisian kita, berikut ini beberapa contoh iklan yang tidak etis diantaranya adalah :
Iklan
minuman berenergi TORPEDO versi gigi palsu
Pada iklan minuman berenergi TORPEDO memilik
kasus yang sama, yaitu menampilkan tubuh wanita bagian dada dengan cara gigi
palsu si pria lepas dan terbang ke belahan dada model wanitanya.
Iklan
minuman berenergi (Kuku bima vs Exra joss)
Iklan ini merupakan iklan yang tidak beretika
dalam dunia bisnis. Karena dalam 2 iklan tersebut saling menjatuhkan dengan
sindiran-sindiran. Kuku bima energi memiliki slogan “Kuku Bima Energi Roso”
yang artinya memiliki banyak rasa dalam setiap pilihan minuman tersebut yakni
original, anggur, jambu, jeruk, kopi, dan teh. Sedangkan dalam iklan Extra Joss
hanya menampilkan 1 rasa yakni rasa original, dan Ektra Joss membuat slogan
“Laki kok minum yang rasa-rasa”, secara tidak langsung ini merupakan bisnis
yang tidak beretika. Membuat sindiran-sindiran yang ingin menarik minat
konsumen atau melakukan promosi seperti itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar